Breaking News
Loading...
Senin, 31 Maret 2014

KASIH SAYANG ISLAM TERHADAP ORANG LEMAH

10.42
Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam, shalawat beriring salam kita haturkan bagi junjungan kita Nabi muhammad- Sallallahu 'alaihi wasallam- beserta keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang setia menapaki jejaknya hingga akhirat nanti. amma ba'du,

Islam adalah agama yang memuliakan dan memberikan perhatian yang sangat terhadap orang-orang yang lemah serta membela hak-hak dan kehormatan mereka. Rasulullah -shallallahu 'alaihi wa sallam - bersabda :

أبغوني ضعفائكم فإنكم إنما ترزقون و تنصورن بضعفائكم

Artinya : "Carikanlah untuk aku orang-orang lemah dari kalian. Sebab Kalian Hanya diberikan Rizqi dan Pertolongan - oleh Allah - karena orang-orang lemah dari kalian." (HR. Ahmad dan Tirmidzi serta dishahihkan oleh syaikh al-arnauth)

إنه لا قدست أمة لا يأخذ الضعيف فيها حقه غير متعتع
Artinya :
"Tidak ada kesucian ( kehinaanlah ) bagi suatu kaum/bangsa yang Orang Lemah didalamnya tidak mendapatkan haknya kecuali dengan sangat susah." (HR. Ibnu Majah dan dishahihkan oleh syaikh al-albani)

Dan Nabi - shallallahu alaihi wa sallam - dalam doanya mengucapkan :

اللهم إني أحرج حق الضعيفين اليتيم و المرأة
Artinya : "Yaa Allah... sesungguhnya aku mohon kepada Engkau kesempitan bagi orang yang mengambil hak dua golongan yang Lemah yaitu Anak Yatim dan Wanita." (HR. Ahmad dan dikuatkan oleh syaikh Al-arnauth)


Fawaid:
1- Islam adalah rahmat yang Allah turunkan bagi semesta alam.
2- Islam adalah agama keadilan.
3- Islam diturunkan untuk mewujudkan kebhagiaan dunia dan akhirat.
4- Anjuran bagi segenap pemeluk islam untuk berbuat adil dan saling mengasihi.
5- Islam adala agama yang sempurna, yang mana tidak ada sesuatu yang terluput darinya, tidak ada suatu kebaikan yang bisa diraih dan tidak pula ada suatu bahaya yang akan menimpa baik itu pada hal dunia terlebih lagi urusan akhirat melainkan telah dijelaskan.

Wallahu a'lam bisshawab

________________
Oleh: Abu Jinan
Fb: Haeruman Santri
(ditulis pada, 01 April 2014.M)

0 komentar:

Posting Komentar

kami menerima keritik dan saran yang membangun dari para pembaca...

 
Toggle Footer